Fadli Zon tuding Jokowi bohong terkait impor jagung

REPORTED BY: Insan Praditya

Fadli Zon tuding Jokowi bohong terkait impor jagung Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Fadli Zon

Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Fadli Zon mengatakan wajar apabila calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo sedikit salah dalam menyebutkan data statistik. Namun, menurutnya apa yang disampaikan Jokowi dalam debat kedua terkait data impor jagung adalah suatu kebohongan.

"Saya kira tidak wajar, misalnya impor jagung, saya dengar 180 ribu, padahal 700an ribu, itu meleset berapa ratus persen. Itu bukan meleset, itu namanya bohong," kata Fadli saat ditemui wartawan di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa (19/02/2019).

Fadli menilai data impor jagung yang disebutkan Jokowi adalah kebohongan publik. Menurutnya, Jokowi harus meminta maaf kepada masyarakat.

"Kalau ini bukan, ini kebohongan. Jadi menurut saya, dia harus minta maaf. Ini kebohongan publik," ujarnya.

Fadli menilai kesalahan Jokowi tersebut dapat dilaporkan ke Bawaslu. Sebab, mengungkapkan informasi yang menyesatkan dan dapat menipu masyarakat.

"Sebenarnya bisa, karena ini kesalahan data yang diungkap pada publik ini kan misleading. Dan yang misleading ini bahaya, artinya menipu rakyat," pungkasnya.

Sebelumnya, Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan data impor jagung Indonesia berkurang drastis pada tahun 2018. Menurutnya, pada tahun 2014 Indonesia impor 3,5 juta ton jagung, dan di 2018 hanya impor 180.000 ton.

"Kita ingat di 2014 kita masih impor 3,5 juta ton jagung, tahun 2018 kita hanya import 180 ribu ton jagung. Artinya ada produksi 3,3 juta ton yg telah dilakukan petani, ini sudah lompatan besar," kata Jokowi di dalam debat kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/02/2019).

Sementara itu, apabila mengacu pada data dari Badan Pusat Statistik (BPS) impor jagung sepanjang tahun 2018 mencapai 737,22 ribu ton dengan nilai 150,54 juta Dolar AS.

DPR soroti hak politik narapidana dan warga binaan
Fadli Zon: Wiranto super ngawur
Prabowo kampanye di Makassar, Sandiaga di Jawa Tengah
IHSG ditutup menguat di level 6.501
Mayoritas pemilih tidak tertarik janji capres
Usai Romy dicokok KPK, PPP yakin bangkit
Kubu Jokowi akan yakinkan swing voters di kampanye terbuka
Komnas HAM sebut pemerintah umbar janji ke korban gempa Sulteng
Daftar kesalahan berkirim email resmi
PDIP ingin Golkar rebut posisi kedua dari Gerindra
PDIP: Prabowo-Sandi hanya naik 4 persen padahal sudah pakai fitnah dan hoaks
DPR setujui dua nama calon hakim konstitusi
IHSG berpotensi menguat hari ini
BPN: Jokowi kehilangan kepercayaan dari masyarakat
Rapat Paripurna sepi, ini alasan Wakil Ketua DPR
Fetching news ...