Fadli Zon optimistis Prabowo lampaui elektabilitas Jokowi

REPORTED BY: Insan Praditya

Fadli Zon optimistis Prabowo lampaui elektabilitas Jokowi Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon mengatakan BPN makin optimistis  kubu Prabowo dapat melampaui petahana bulan depan. Ia mengatakan hal tersebut setelah melihat hasil survei elektabilitas Jokowi-Maruf dan Prabowo-Sandi yang dirilis oleh lembaga survei Media Survei Nasional (Median).

"Saya kira survei Median relatif lebih mendekati walaupun dalam survei kami jaraknya makin tipis. Saya kira ini merupakan satu hal yang membuat kami optimistis bahwa dalam waktu dekat, akhir bulan atau awal bulan depan sudah melampaui petahana," kata Fadli saat ditemui wartawan di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa, (22/01/2019).

Fadli mengatakan hasil survei yang dirilis Median, tak jauh beda dengan hasil survei yang dilakukan timnya. Ia menilai lembaga survei Median yang paling independen dari lembaga survei yang lain. 

"Saya kira ini membuat data kami makin dekat. Ini salah satu survei yang menurut saya lebih independen karena tidak terafiliasi dengan kedua kandidat yang saya tahu," ujarnya.

Fadli menilai elektabilitas Jokowi tampak turun dan stagnan, sementara Prabowo jauh lebih cepat meningkatnya.

"Itu kan survei ya, di Jokowi kan 0,2% malah cenderung turun. Jadi menurut saya inilah percepatan kenaikan Prabowo jauh lebih tinggi. Malah yang Prabowo naik, yang ini stagnan ya malah turun," tuturnya.

Selanjutnya, Fadli mengatakan naiknya elektabilitas Prabowo merupakan usaha dari tim kampanye dan para caleg. Ia mengatakan masyarakat tidak melihat keberhasilan yang sering diklaim oleh pemerintah.

"Ya itu salah satu tentu karena ada pergerakan tim kampanye, para caleg juga bergerak. Tapi yang paling penting juga masyarakat tidak melihat keberhasilan sesuai dengan klaim yang ada dari pemerintah kan memang pemerintah ini gagal dalam banyak hal," pungkasnya.

Sebelumnya, Lembaga Media Survei Nasional (Median) merilis hasil survei elektabilitas paslon Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi. Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun mengatakan selisih dua kandidat relatif stagnan dan suara dari paslon 02 naik, tetapi sedikit lambat.

"Selisih elektabilitas kedua kandidat menipis, suara pasangan 01 relatif stagnan dan suara pasangan 02 tumbuh, tapi lambat," kata Rico beberapa waktu yang lalu.

Hasil survei tersebut mencatat elektabilitas Jokowi-Ma'ruf masih unggul atas Prabowo-Sandi. Dalam survei itu, angka elektabilitas Jokowi-Ma'ruf 47,9 persen, Prabowo-Sandi 38,7 persen, sedangkan 13,4 persen belum menentukan pilihan.

DPR soroti hak politik narapidana dan warga binaan
Fadli Zon: Wiranto super ngawur
Prabowo kampanye di Makassar, Sandiaga di Jawa Tengah
IHSG ditutup menguat di level 6.501
Mayoritas pemilih tidak tertarik janji capres
Usai Romy dicokok KPK, PPP yakin bangkit
Kubu Jokowi akan yakinkan swing voters di kampanye terbuka
Komnas HAM sebut pemerintah umbar janji ke korban gempa Sulteng
Daftar kesalahan berkirim email resmi
PDIP ingin Golkar rebut posisi kedua dari Gerindra
PDIP: Prabowo-Sandi hanya naik 4 persen padahal sudah pakai fitnah dan hoaks
DPR setujui dua nama calon hakim konstitusi
IHSG berpotensi menguat hari ini
BPN: Jokowi kehilangan kepercayaan dari masyarakat
Rapat Paripurna sepi, ini alasan Wakil Ketua DPR
Fetching news ...