Komnas sebut sikap posesif pemicu hubungan tak sehat

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Komnas sebut sikap posesif pemicu hubungan tak sehat

Komisioner Komnas Perempuan, Mariana Amiruddin mengatakan sikap posesif adalah salah satu sikap yang memperparah hubungan, baik itu dalam status berpacaran dan suami istri. Ia mengatakan perlu cara berpikir yang sehat dalam sebuah hubungan, walaupun hal itu sedikit sulit dilakukan.

"Kalau posesif itu sikap yang buruk ya, biasanya memperparah hubungan memang. Jadi, dalam sebuah hubungan itu perlu cara berpikir yang sehat, saling percaya tapi terkadang susah, ya, kita kan jarang terbuka satu sama lain," kata Mariana saat dihubungi Rimanews di Jakarta, Rabu (05/12/2018).

Mariana mengatakan pertengkaran dalam setiap hubungan pacaran atau suami istri adalah hal yang wajar. Ia mengatakan yang paling berbahaya adalah jika masalah atau pertengkaran itu tidak dapat diselesaikan oleh kedua pihak, sehingga keduanya merasa tersakiti.

"Biasanya kalau tidak ada penyelesaian dari keduanya terus salah satunya disakiti, tersakiti atau dua-duanya baru itu bisa disebut hubungan yang tidak sehat," ujarnya.

Selanjutnya, Mariana mengatakan dalam setiap hubungan paling penting tidak melakukan kekerasan misalnya dirugikan fisik dan mentalnya. Ia mengatakan dalam sebuah hubungan seseorang harus siap mental jika terjadi kekerasan.

"Kekerasan itu seperti yang sudah dijelaskan membuat seseorang dirugikan bahkan celaka secara fisik dan mental secara psikis dan materi bahkan ada yang mau bunuh diri, ada yang dibunuh juga. Jadi, intinya kalau mau hubungan harus siapkan mentalnya, untuk tidak terjadi perilaku kekerasan," pungkasnya.

PKS: Tak perlu buang waktu tentukan wagub DKI
Fadli Zon tuding Jokowi bohong terkait impor jagung
Prabowo sebut penahanan Ahmad Dhani dilatari dendam politik
Kubu Prabowo tuding pernyataan Jokowi soal jalan desa tak sesuai fakta
Bawaslu usul pendukung di ruang debat dikurangi, ini kata kubu Prabowo
Netralitas PNS dan TNI jadi tolok ukur keberhasilan pemilu
KPK didesak minta maaf atau bayar denda Rp10 triliun
Ma'ruf Amin minta Sandi tak sungkan untuk menyerangnya dalam debat
BPN beber pelanggaran Kubu Jokowi saat debat
Demokrat siap laporkan Jokowi jika langgar aturan debat
Konsep ketuhanan Marapu, agama asli Pulau Sumba
Juara Dunia enam kali ini bangga jadi rival terberat Valentino Rossi
Refleksi Hari Keadilan Sosial Sedunia bagi perempuan
Tim DPR temukan pasokan listrik Bali kritis
IHSG kembali menguat dekati 6.500
Fetching news ...