Komnas sebut sikap posesif pemicu hubungan tak sehat

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Komnas sebut sikap posesif pemicu hubungan tak sehat

Komisioner Komnas Perempuan, Mariana Amiruddin mengatakan sikap posesif adalah salah satu sikap yang memperparah hubungan, baik itu dalam status berpacaran dan suami istri. Ia mengatakan perlu cara berpikir yang sehat dalam sebuah hubungan, walaupun hal itu sedikit sulit dilakukan.

"Kalau posesif itu sikap yang buruk ya, biasanya memperparah hubungan memang. Jadi, dalam sebuah hubungan itu perlu cara berpikir yang sehat, saling percaya tapi terkadang susah, ya, kita kan jarang terbuka satu sama lain," kata Mariana saat dihubungi Rimanews di Jakarta, Rabu (05/12/2018).

Mariana mengatakan pertengkaran dalam setiap hubungan pacaran atau suami istri adalah hal yang wajar. Ia mengatakan yang paling berbahaya adalah jika masalah atau pertengkaran itu tidak dapat diselesaikan oleh kedua pihak, sehingga keduanya merasa tersakiti.

"Biasanya kalau tidak ada penyelesaian dari keduanya terus salah satunya disakiti, tersakiti atau dua-duanya baru itu bisa disebut hubungan yang tidak sehat," ujarnya.

Selanjutnya, Mariana mengatakan dalam setiap hubungan paling penting tidak melakukan kekerasan misalnya dirugikan fisik dan mentalnya. Ia mengatakan dalam sebuah hubungan seseorang harus siap mental jika terjadi kekerasan.

"Kekerasan itu seperti yang sudah dijelaskan membuat seseorang dirugikan bahkan celaka secara fisik dan mental secara psikis dan materi bahkan ada yang mau bunuh diri, ada yang dibunuh juga. Jadi, intinya kalau mau hubungan harus siapkan mentalnya, untuk tidak terjadi perilaku kekerasan," pungkasnya.

DPR soroti hak politik narapidana dan warga binaan
Fadli Zon: Wiranto super ngawur
Prabowo kampanye di Makassar, Sandiaga di Jawa Tengah
IHSG ditutup menguat di level 6.501
Mayoritas pemilih tidak tertarik janji capres
Usai Romy dicokok KPK, PPP yakin bangkit
Kubu Jokowi akan yakinkan swing voters di kampanye terbuka
Komnas HAM sebut pemerintah umbar janji ke korban gempa Sulteng
Daftar kesalahan berkirim email resmi
PDIP ingin Golkar rebut posisi kedua dari Gerindra
PDIP: Prabowo-Sandi hanya naik 4 persen padahal sudah pakai fitnah dan hoaks
DPR setujui dua nama calon hakim konstitusi
IHSG berpotensi menguat hari ini
BPN: Jokowi kehilangan kepercayaan dari masyarakat
Rapat Paripurna sepi, ini alasan Wakil Ketua DPR
Fetching news ...