Manajemen Lion Air dinilai amatiran

REPORTED BY: Insan Praditya

Manajemen Lion Air dinilai amatiran Pesawat Lion Air

Pengamat penerbangan Alvian lie menilai cara manajemen maskapai Lion air menangani keluarga korban sangat amatianr. Hal tersebut terlihat dari Standar Operasinal Perusahaan (SOP) dan kebijakan dalam melayani dan menunjukan sikap empati kepada keluarga korban yang sangat kurang.

"Mereka tidak punya SOP tentang manajemen krisis dan kebijakan komunikasi saat krisis. Selain itu, budaya melayani dan kepedulian terhadap pelanggan tidak berkembang sebagai karakter perusahaan," ujarnya saat dihubungi wartawan Rimanews.com di Jakarta, Kamis (08/11/2018).

Menurutnya, hal tersebut sangat disayangkan karena perusahaan sebesar Lion Air tidak bisa menunjukkan sikap komunikatifnya kepada publik. Hal itu terutama terkait keluarga korban yang ingin menanyakan kejelasan mengenai anggotanya yang menjadi korban pada perjalanan penerbangan nahas itu.

"Cara mereka mengelola informasi untuk publik dan media.sangat amatiran. Apalagi bagi perusahaan sebesar Lion," jelasnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan akibat tidak profesionalnya Lion Air, sudah dipastikan manajemen tersebut akan mengalami kesulitan dalam menghadapi krisis besar yang menimpa perusahaan.

"Akibatnya mereka keteteran ketika menghadapi krisis besar saat ini," tegasnya .

Sebelumnya, seorang perwakilan keluarga penumpang Lion Air asal Bangka Belitung mengatakan komunikasi pihak Lion Air kepada pihak keluarga korban sangat minim. Dalam pertemuan itu ia menganggap perusahaan bentukan Rusdi Kirana tersebut dinilai telah gagal dalam menangani keluarga korban yang mencari kejelasan anggotanya.

"Untuk Lion Air, Rusdi Kirana saya anggap gagal. Mungkin bapak saat krisis perlu segera bentuk crisis communication, tidak hanya crisis center," ujar seorang perwakilan keluarga korban di Hotel Ibis Cawang, Jakarta Timur, Senin (05/11/2018).

Takut memulai diving? Pahami dulu 10 hal berikut
BIN rilis 41 masjid terpapar radikalisme, PKS: Jangan bikin gaduh
Kubu Prabowo klaim telur di Malaysia lebih murah dibanding Indonesia
Sisca Dewi gemar tumbalkan ayam cemani, Hanura rawan kena getah
TKN: Presiden perhatian pada kasus hukum Baiq Nuril
Ini penyebab PDIP dilema sikapi pemasang poster Jokowi Raja
Bantah kekayaan RI 1% rakyat, Kubu Jokowi: Prabowo harus segera revisi pernyataannya
Tiga dosa kepala daerah
BPN yakin strategi SBY akan menangkan Prabowo-Sandi
Kubu Prabowo minta Jokowi tak menutup mata
Dukung Baiq Nuril, Jokowi sarankan ajukan grasi
Romahurmuziy sebut kubu Humphrey dukung Prabowo sebagai dagelan
ANKER keluarkan power bank mungil dengan pengisian cepat
Polisi dalami mayat wartawan dibuang dalam drum
Demokrat: PDIP terkorup, elektabilitas makin tinggi
Fetching news ...