Dua tersangka dihadirkan dalam rekonstruksi penembakan DPR

REPORTED BY: Insan Praditya

Dua tersangka dihadirkan dalam rekonstruksi penembakan DPR Rekonstruksi penembakan di gedung DPR

Rekonstruksi peluru yang nyasar ke Gedung DPR digelar Polda Metro Jaya bersama dengan pihak dari Perbakin di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Jumat (19/10/2018). Dua tersangka penembakan, yakni IAW dan RMY dihadirkan dalam reka ulang kejadian tersebut.

Pantauan Rimanews di lokasi, kedua tersangka datang ke lapangan tembak Perbakin dengan mengenakan baju tahanan berwarna oranye dan mendapat pengawalan dari anggota Direktorat kriminal Umum Polda Metro Jaya.

Sementara itu, terlihat hadir dalam rekonstruksi itu Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto, dan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

Olah tempat kejadian perkara (TKP) dimulai setelah kedatangan tersangka berinisial IAW datang terlebih dahulu ke lapangan tembak Perbakin pada pukul 12:00 WIB. Sementara itu, tersangka berinisal RMY datang pada pukul 12:30 WIB. Dua tersangka tersebut Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Menteri Perhubungan.

Kemudian, dua tersangka berjalan menuju ke ruang senjata api Perbaiki untuk mengambil senjata Glock 17. Lalu, berjalan mengarah lapangan tembak yang sejajar dengan gedung DPR RI.

Dalam reka adegan, terlihat inisial I lebih banyak memegang senjata api Glock 17 dibandingkan RMY. Sebagaimana diketahui, senjata api yang digunakan ada dua yakni jenis Glock 17 dan senjata api jenis Akai Custom 9mm.

Dalam reka adegan itu, dua tersangka memperagakan saat melakukan tembakan di dua tempat lapangan tembak di lintasan 6 dan 7. Terlihat ada saksi yang ikut dalam reka adegan inisial HS petugas yang mendampingi, yang menawarkan kepada I untuk mengganti senjata Glock 17 otomatis. Dengan bantuan saksi HS, I memeragakan saat ia menembak dengan senjata Glock 17 otomatis. Sementara itu, inisial RMY tidak ikut menembak dengan senjata Glock 17 otomatis.

Sebelumnya, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan ditemukan enam lokasi yang diduga menjadi bekas peluru nyasar. Lokasi terakhir yang ditemukan peluru nyasar di Lantai 6 Nusantara 1, Gedung DPR di ruang kerja anggota Fraksi PDIP Effendi Simbolon.

Penyisiran semua ruang kerja anggota DPR dilakukan oleh Kapolri Metro Jakarta Pusat Kombes Roma Hutajulu bersama timnya. Penyisiran itu, dilakukan dengan teknik manual dengan memeriksa semua ruangan anggota yang mengarah ke lapangan tembak Perbakin. Alat bantu berupa drone juga digunakan untuk membantu melihat situasi gedung DPR dari luar.

Takut memulai diving? Pahami dulu 10 hal berikut
BIN rilis 41 masjid terpapar radikalisme, PKS: Jangan bikin gaduh
Kubu Prabowo klaim telur di Malaysia lebih murah dibanding Indonesia
Sisca Dewi gemar tumbalkan ayam cemani, Hanura rawan kena getah
TKN: Presiden perhatian pada kasus hukum Baiq Nuril
Ini penyebab PDIP dilema sikapi pemasang poster Jokowi Raja
Bantah kekayaan RI 1% rakyat, Kubu Jokowi: Prabowo harus segera revisi pernyataannya
Tiga dosa kepala daerah
BPN yakin strategi SBY akan menangkan Prabowo-Sandi
Kubu Prabowo minta Jokowi tak menutup mata
Dukung Baiq Nuril, Jokowi sarankan ajukan grasi
Romahurmuziy sebut kubu Humphrey dukung Prabowo sebagai dagelan
ANKER keluarkan power bank mungil dengan pengisian cepat
Polisi dalami mayat wartawan dibuang dalam drum
Demokrat: PDIP terkorup, elektabilitas makin tinggi
Fetching news ...