Generasi milenial Jatim kepincut Khofifah

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Generasi milenial Jatim kepincut Khofifah

Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa - Emil Dardak berhasil merebut perhatian pemilih milenial. Keduanya menjadi calon yang paling banyak disuka dan dianggap layak memimpin Jawa Timur lima tahun mendatang.

Hal tersebut terungkap dalam hasil survey yang diselenggarakan Alvara Research Center. Survey yang dilaksanakan pada 29 April - 5 Mei 2018 tersebut menggunakan metode multistage random sampling, melalui wawancara tatap muka terhadap 800 responden yang berusia 17 tahun keatas.

Responden tersebar secara proporsional di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Survei tersebut mempunyai tingkat kepercayaan 95 persen, serta margin of error 3,46 persen. 

Dalam survey tersebut, elektabilitas Khofifah - Emil pun jauh meninggalkan Gus Ipul dan Puti. Khofifah-Emil meraup suara sebesar 48 persen, sedangkan Gus Ipul-Puti hanya memperoleh 41,9 persen. 

"Pasangan Khofifah-Emil berhasil memikat pemilih milenial dan tua, Khofifah-Emil unggul di kelompok usia 17 – 35 tahun dan usia diatas 46 tahun, sementara Gus Ipul-Puti hanya unggul di kelompok usia 36 – 45 tahun," ungkap Founder dan CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali, di Jakarta, Selasa (22/5). 

Hasanuddin memaparkan, di rentang usia 17-25 tahun elektabilitas Khofifah-Emil mencapai 46,9 persen. Sedangkan di rentang usia 26 - 35 tahun Khofifah-Emil meraih angka 54 persen. 

Keunggulan Khofifah-Emil juga terlihat di rentang usia 46-55 tahun dan 56 - 65 tahun, dimana pasangan nomor urut satu tersebut meraih angka masing-masing 47,2 persen dan 49,5 persen. 

"Keduanya dianggap merupakan kombinasi pasangan ideal, dimana Khofifah Indar Parawansa memiliki pengalaman dan usia yang matang sementara Emil Dardak adalah sosok intelektual dan mewakili generasi milenial," terangnya. 

Begitu juga dalam hal program yang diajukan serta kualitas kepemimpinan Khofifah - Emil yang dianggap lebih baik dari Gus Ipul - Puti.

Tampil memukau

Sebelumnya, dalam debat kedua Cagub Cawagub Jatim, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dinilai tampil memukau dengan menguasai persoalan sosial yang dihadapi masyarakat Jatim, bahkan Khofifah tampak menguasai panggung debat dengan menyodorkan data akurat.

Memang tidak bisa dibantah bahwa di Jatim banyak keberhasilan, tetapi harus diakui juga bahwa masih ada ketimpangan dan belum optimalnya keberpihakan pemerintah terhadap pelaku usaha UKM dan Koperasi.

Selain itu, program-program unggulan yang dipaparkan Khofifah-Emil dalam debat yang digelar Selasa (10/4/2018) dinilai lebih realitis dan konkrit. Khofifah ingin mendorong kesejahteraan melalui sektor pertanian dan UMKM untuk tenaga kerja lebih konkrit dan solutif.

Keberpihakan kepada petani paslon ini menjadi realistis dengan menyediakan program perlindungan, fasilitasi produksi, memperkuat kelembagaan di tingkat petani dalam wadah koperasi serta stabolisasi saat panen akan memberikan efek luar biasa ekonomi desa.

Cara tersebut diyakini dapatmeningkatkan produktivitas hasil pertanian, nilai tambah besar bagi petani, mencegah urbanisasi dan memperkuat kedaulatan pangan serta kesejahteraan petani. Begitu pula dengan gagasan kesatuan ekonomi antara UKM, koperasi dan usaha besar juga dinilai realistis.

Gagasan Khofifah ini disebut bisa menjadi menguatkan peran pemerintah untuk memberdayakan usaha kerakyatan. Hal ini juga bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Jawa Timur.

Takut memulai diving? Pahami dulu 10 hal berikut
BIN rilis 41 masjid terpapar radikalisme, PKS: Jangan bikin gaduh
Kubu Prabowo klaim telur di Malaysia lebih murah dibanding Indonesia
Sisca Dewi gemar tumbalkan ayam cemani, Hanura rawan kena getah
TKN: Presiden perhatian pada kasus hukum Baiq Nuril
Ini penyebab PDIP dilema sikapi pemasang poster Jokowi Raja
Bantah kekayaan RI 1% rakyat, Kubu Jokowi: Prabowo harus segera revisi pernyataannya
Tiga dosa kepala daerah
BPN yakin strategi SBY akan menangkan Prabowo-Sandi
Kubu Prabowo minta Jokowi tak menutup mata
Dukung Baiq Nuril, Jokowi sarankan ajukan grasi
Romahurmuziy sebut kubu Humphrey dukung Prabowo sebagai dagelan
ANKER keluarkan power bank mungil dengan pengisian cepat
Polisi dalami mayat wartawan dibuang dalam drum
Demokrat: PDIP terkorup, elektabilitas makin tinggi
Fetching news ...