Buah Naga, si eksotis yang kaya akan manfaat

REPORTED BY: Siti Dzakiyyah

Buah Naga, si eksotis yang kaya akan manfaat Buah Naga.

Di Indonesia banyak sekali tanaman buah yang tumbuh. Di daerah dataran tinggi maupun daerah dataran rendah. Tanaman semusim atau pun tanaman tahunan banyak sekali yang tumbuh di Negara kita ini, salah satunya yaitu buah naga atau yang disebut sebagai “Dragon Fruit”.  

Buah naga atau pitaya adalah buah yang hanya tumbuh di daerah tropis dan subtropis seperti di Amerika Selatan dan Asia. Seperti namanya, kulit buah naga ini menyerupai sisik naga yang merupakan hewan mitos. Buah naga tergolong dalam tanaman kaktus yang hidup di daerah kering dan agak berpasir. Tanaman ini mempunyai tulang daun yang banyak terkandung air sehingga tahan terhadap panas. Selain itu tanaman buah naga ini perlu sinar matahari penuh atau tidak ada naungan karena jika ada naungan akan mempengaruhi produksi buah dan pertumbuhan tanaman buah naga itu sendiri.

Tanaman ini dianggap sebagai tanaman kaktus yang penuh nutrisi. Buah yang unik ini mengandung sekitar 60 kalori yang masing-masing kaya akan vitamin C, B1, B2, dan B3, serta mineral seperti zat besi, kalsium, dan fosfor. Sehingga dapat diketahui bahwa buah naga merupakan buah terbaik yang mudah kita dapatkan di Indonesia.

Secara keseluruhan, buah ini baik untuk kesehatan dan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh akan zat gizi sehari-hari. Semua bagian dari buah naga dapat dimanfaatkan yaitu daging buahnya sebagai bagian utama untuk dikonsumsi dan bahan baku industry makanan yang banyak mengandung nutrisi, bunganya yang dapat juga dikonsumsi sebagai sayuran urap, digoreng atau dapat dikeringkan untuk dijadikan minuman the, serta dahan atau cabang buah naga juga dapat dimakan dijadikan salad, urap, digoreng dan djadikan sup. Makanan dari dahan tumbuhan buah naga dipercaya dapat membuang racun dalam tubuh dan membersihkan pencernaan.

Ada banyak manfaat buah naga untuk kesehatan, selain rasanya yang menyegarkan, buah naga juga memiliki banyak khasiat. Buah naga biasanya dikonsumsi dalam bentuk buah segar sebagai penghilang dahaga, karena buah naga mengandung kadar air tinggi sekitar 90 % dari berat buah. Rasanya cukup manis karena mengandung kadar gula mencapai 13 – 18 briks. Selain itu buah naga juga dapat disajikan dalam bentuk jus, sari buah, manisan maupun selai atau beragam bentuk penyajian sesuai selera.

Secara umum, para peneliti sependapat dan mengakui bahwa buah naga kaya akan potassium, ferum, protein, serat, sodium dan kalsium yang baik untuk kesehatan. Selain itu, buah kaktus merah itu cukup kaya dengan berbagai zat vitamin dan mineral yang sangat membantu meningkatkan daya tahan dan bermanfaat bagi metabolism dalam tubuh manusia. Sehingga dapat diketahui beberapa manfaat dari konsumsi buah naga yaitu sebagai berikut:

1. Anti Penuaan

Antioksidan sangat penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan elastis. Zat tersebut dapat melawan radikal bebas di tubuh yang dapat menyebabkan masalah seperti kanker. Dan buah naga merupakan sumber antioksidan yang baik karena tingginya kandungan vitamin C. Nutrisi yang paling penting dalam buah ini adalah fosfornya. Sel-sel tubuh memerlukan fosfor dan fosfolipid yang merupakan komponen utama dari membran sel. Hal ini dapat membantu untuk mencegah penuaan dini.

2. Pencegah kanker

Selain vitamin C, buah naga mengandung karoten, yang terkait dengan beberapa kualitas antikarsinogen, termasuk mengurangi jumlah tumor. Selain itu, likopen yang bertanggung jawab untuk warna merah pada pitaya telah terbukti terkait dengan menurunkan risiko kanker prostat. Selain itu, kulit buah naga mengandung polifenol yang sering kita temukan di alam. Ada kemungkinan bahwa beberapa polifenol ini bekerja sebagai afinitas untuk reseptor estrogen, dan mengubah perilaku hormon lain kepada situs reseptor dalam sel. Itu bisa menjadi salah satu alasan mengapa pitaya dapat melindungi tubuh terhadap beberapa jenis kanker.

3. Kesehatan jantung

Buah naga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda, karena dapat mengurangi kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik. Dengan konsumsi buah pitaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Buah eksotis ini juga merupakan sumber lemak jenuh tunggal yang dapat menjaga hati kita dalam kondisi baik.

4. Pencegah diabetes

Tingginya jumlah serat dalam buah eksotis ini dapat membantu menstabilkan kadar gula darah seseorang. Hal ini juga dapat membantu untuk menghambat lonjakan gula yang terjadi setelah makan makanan dengan indeks glikemik tinggi.

5. Peningkat kekebalan tubuh

Tingkat vitamin C yang tinggi dapat memberikan peningkatan sistem kekebalan tubuh, serta merangsang aktivitas antioksidan lainnya. Kehadiran tingkat tinggi vitamin C, mineral, dan fitoalbumin dapat memerangi radikal bebas. Vitamin B1, B2, B3, serta kalsium, fosfor, zat besi, protein, niasin, dan serat juga memberikan kontribusi untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh Anda.

6. Pereda batuk dan asma

Gangguan pernapasan seperti asma dan batuk yang disebabkan oleh demam atau flu dapat sulit untuk ditangani dari hari ke hari. Meskipun ini bukan pengganti obat, namun buah naga dapat membantu menurunkan penderitaan Anda. Perlu diingat bahwa pitaya ini memiliki jumlah vitamin C yang tinggi, sehingga membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih kuat dan efisien dalam melawan infeksi setiap hari.

7. Penurun berat badan

Salah satu isu terburuk yang mungkin Anda akan alami adalah menahan untuk memakan makanan yang Anda sukai ketika Anda sedang diet menurunkan berat badan. Untungnya, dengan bantuan buah eksotis ini, Anda akan mendapatkan nafsu makan Anda di bawah kontrol. Mengapa bisa begitu? Ini karena buah naga kaya akan serat dan sangat rendah kalori, sehingga Anda akan merasakan kenyang lebih lama, dibandingkan dengan buah lainnya. Tak hanya itu, dampaknya juga akan meningkatkan metabolisme dan pengelolaan berat badan.

 

TKN pertimbangkan gelar pidato kebangsaan ala Jokowi
Arus modal masuk berpotensi buat IHSG naik hari ini
Kemendikbud tak ingin ada sekolah favorit
Ini tiga ciri pemerintahan Jokowi otoriter menurut Amien Rais
 Lagu Jogja Istimewa dijiplak pendukung Prabowo, Ini respons Kubu Jokowi
PKS nilai pidato Prabowo tepis anggapan pesimisme
Kubu Prabowo minta KPK periksa Tjahjo Kumolo terkait kasus Meikarta
Aktivis 98 desak negara serius tuntaskan kasus penculikan dan pelanggaran HAM
BPN bantah pidato Prabowo nihilkan prestasi Indonesia
Kubu Jokowi nilai Prabowo hanya daur ulang isu lama
Cinta dan kehilangan
Medan, Bandar Lampung dan Manado juara kota terkotor
Fahri Hamzah nilai pidato Prabowo gagal
PKS: Pidato Prabowo terlalu lama
Prabowo sebut SBY sebagai mentornya di pilpres 2019
Fetching news ...